Masa Depan Pertanian Ada Ditangan Generasi Muda

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng Dr.Ir.Alimuddin Paada,MS, menjadi narasumber pada Kegiatan Kuliah Tamu di Fakultas Pertanian Universitas Alkhairat (Unisa) Palu, Selasa (17/01/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung Dekan Fakultas Pertanian Unisa Dr. Arfan,S.P,M.Sc, Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Jumardin,S.P,M.Si, Wakil Dekan Bidang Umum Keuangan dan SDM Dr. Lisa Indriani.B,S.P,M.P, para dosen Fakultas Pertanian Unisa, serta dihadiri kurang lebih 200 orang mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Pertanian Unisa.

Kegitan kuliah tamu ini, dipandu Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jumardin,S.P,M.Si yang memberikan kesempatan kepada Dr.Ir.Alimuddin Paada,MS, untuk memberikan penjelasan atau memaparkan terkait masalah pertanian yang ada negeri ini.

Dalam kesempatan ini, Alimudin Paada menyampiakan, sumber pertanian yang ada di Sulteng begitu luas dan memiliki potensi yang cukup besar untuk bisa dikembangkan, sehingga dibutuhkan tenaga-tenaga penyuluh yang memilki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup mumpuni untuk memberikan solusi kepada para petani-petani dalam mengelolah lahan pertanian.

“Masa depan pertanian kita ada ditangan generasi muda saat ini, sehingga kedepannya daerah kita dapat menjadi salah satu daerah penghasil swasembada pangan bagi bangsa dan negara dari sumber pertanian yang kita miliki di wilayah Sulteng,” ujar Alimudin Paada.

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan, pertanian harus memiliki konsep berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi modern untuk mengefektifitas dan mengefisiensi energi dalam pengolahan lahan pertanian, sehingga mampu mencapai produksi yang optimal secara berkelanjutan.

Alimuddin Paada juga menyampaikan bahwa saat ini sektor pertanian di Sulteng memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat ketahanan pangan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan. Apalagi Sulteng merupakan salah satu daerah strategis pengan, sehingga dibutuhkan inovasi pertanian yang dapat meningkatkan sumber produktifitas dan produksi pangan untuk swasembada pangan secara berkelanjutan.

“Untuk itu penting mendorong pengembangan kapasitas lembaga ekonomi pertanian berbasis kawasan pertanian modern, untuk menarik minat para petani milenial serta mendukung program inovasi Kementerian Pertanian melalui Food State,” paparnya.

Alimuddin menegaskan bahwa pertanian dimasa depan harus mampu menjadi salah satu sumber ketahanan ekonomi daerah atau bahkan negara, penggerak ekonomi masyarakat, serta menjadi kekuatan untuk pembangunan daerah dan negara.

Diakhir kegiatan, Dekan Fakultas Pertanian Unisa Dr.Arfan,S.P,M.Sc memberikan piangam penghargaan kepada Alimuddin Paada atas dedikasi dan ilmu yang diberkan kepada mahasiswa dan mahasiswi Unisa serta mengajukan permohonan bantuan dalam bentuk proposal kepada Ketua Komisi IV DPRD Sulteng itu agar kiranya Unisa dapat diberikan bantuan Laboratorium Pertanian untuk dijadikan sebagai alat peraktik bagi mahasiswa dan mahasiswi dalam pengolahan hasil-hasil produksi pertanian menjadi bahan siap saji dalam bentuk kemasan dan menjadikan produksi tersebut salah satu produk hasil olahan Unisa..

“Insya Allah, permohonan bantuan laboratorium pertanian ini akan diusahakan diadakan pada tahun 2024 mendatang,” tandasnya. ***

Sumber https://wartasulawesi.com/alimuddin-paada-masa-depan-pertanian-ada-ditangan-generasi-muda/

Related Posts

Dosen Faperta UNISA Presentasi Seminar Akhir Pengabdian di Bali

Palu- Prestasi kembali ditorehkan Universitas Alkhairaat (UNISA), dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui salah seorang dosennya, Dr Ir Sitti Sabariyah D, ia diundang untuk presentasi seminar akhir…

Deklarasi ANTI 4 DOSA bersama Perguruan Tinggi Swasta Se-SULTENG di UNISA PALU

suasana disaaat Sosialisasi yang di Moderasi oleh Dr. Kasman Jaya Saat, M.Si Tampak beberapa Pejabat dan tamu undangan turut hadir pada kegiatan ini Pemberian SK Izin Pendirian…

Fakultas Pertanian Universitas Alkhairaat Jalin Kerja Sama Dengan PT. Letawa

Pasangkayu – Selasa (08/II/2022) Mewujudkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan Magang Industri bertempat di PT. Letawa, Alhamdulillah Diterima dengan baik oleh Bapak Qomar, selaku Human Resource…

Pertemuan Team Teaching dan Evaluasi Semester Genap Bersama UPM

PENGALAMAN DAN STRATEGI MENJADI GURU BESAR

Dalam rangka pengembangan diri dan profesionalisme dosen di lingkup Fakultas, Faperta Unisa menggelar kegiatan Professor Insight dengan mengundang Prof. Dr. Ir. Flora Pasaru Pada Senin 23 Mei…

Zoom Meeting Sesi Kuliah Umum

Faperta UNISA Palu Gelar Kuliah Umum Secara Daring

Ratusan mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Pertanian mengikuti Kuliah Umum pada Senin 27 September 2021. Kuliah umum yang bertema “ Kedaulatan Pangan dan Ancaman Bioterorisme di…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *