Mahasiswa KKN Unisa Palu Diminta Bantu Promosi Wisata Daerah

PALU-Lebih seratus Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu angkatan XLIX tahun 2021/2022 mendapatkan pembekalan dari Lembaga Penelitian Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Unisa di Aula Fakultas Agama, Sabtu (12/3/2022) pagi. Kegiatan KKN kali ini mengangkat tema membangun potensi kelembagaan Desa wisata berbasis Lingkungan.

Wakil Rektor II Universitas Alkhairaat, Marjun S.E M.M (kiri) foto bersama dengan peserta KKN, panitia dan perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tojo Unauna usai pembekalan kepada mahasiswa peserta KKN Unisa, Sabtu (12/3/2022) pagi. (ist)

Ketua Panitia KKN angkatan ke 49 Unisa Palu, Moh Gulom, menyampaikan bahwa KKN tahun ini mahasiswa sebanyak 100 orang lebih, dibagi ke tiga Kabupaten dan satu Kota, yakni di Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Touna, dan Kota Palu. “Baru tahun ini juga kita melaksanakan KKN dengan tematik Pariwisata, jadi disini ada mahasiswa yang ditempatkan di tempat sektor Pariwisata, ” katanya.

Sementara Wakil Rektor II Universitas Alkhairaat, Marjun S.E M.M, menyampaikan bahwa KKN ke 49 Unisa Palu diselenggarakan ditengah wabah COVID-19, dan sudah angkatan ketiga yang melaksanakan KKN ditengah COVID-19, dan dapat membantu program pemerintah setempat dimana lokasi KKN, dan membantu sosialisasi wabah COVID-19, peserta KKN dan ikut serta menyebarkan brosur penerimaan mahasiswa baru.” Saya berharap agar mahasiswa juga bisa ikut membantu program pemerintah, ” tambahnya.

Untuk yang berada di wilayah Tojo Una-Una, bisa ikut memasarkan wisata ditempat KKN, dengan tujuan tempat wisata dikenal kepada masyarakat luas. ” Itulah tujuan peserta KKN ditempat wisata dan menggandeng dengan Dinas Pariwisata Touna,”katanya.

Marjun mengingatkan peserta KKN untuk tetap menjaga nama baik almamater Unisa Palu, kebudayaan dan melihat lingkungan masyarakat, agar bisa berbaur dengan masyarakat. “Jadi nanti ada juga observasi bagi peserta KKN saat tiba dilokasi yang sudah ditentukan panitia,” ujar Marjun, sembari membuka kegiatan pembekalan KKN ke-49.

Pemateri Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Kabupaten Touna, Titin menyampaikan bahwa Kabupaten Touna adalah sektor wisata menjadi ujung tombak, dimana ada 6 Kecamatan di wilayah kepulauan, dan untuk KKN ada di wilayah dalam Kota, tetapi ada juga Desa wisata. Saat ini Touna hanya melakukan penguatan pengunjung wisatawan lokal. “Kita juga telah memiliki lembaga pemuda di Desa, namun perlu diketahui kami masih membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga kita menggandeng mahasiswa KKN untuk bisa memberikan penguatan di Lembaga Desa dan juga masyarakat Desa, ” tambahnya.

Selanjutnya peserta KKN Unisa angkatan ke-49 akan dilepas oleh panitia di tanggal 14 Maret 2022 mendatang.(sam)

Sumber : https://mediasulawesi.id/read/3823-mahasiswa-kkn-unisa-palu-diminta-bantu-promosi-wisata-daerah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.