FAKULTAS PERTANIAN MENATA AKREDITASI BAIK SEKALI

Penulis : Dr. Arfan Ganti, SP., M.Sc


Sebagai Dekan terpilih Fakultas Pertanian Universitas Alkhiraat periode 2020-2024, kami memiliki semangat, tekad kuat melakukan berbagai perombakan, perubahan dan perbaikan disegala lini, untuk mewujudkan prodi Agroteknologi dan THP dalam lingkup fakultas pertanian terakreditasi Baik Sekali. Semangat perubahan, momentum membangun semangat kebersamaan dalam memajukan institusi ini sejajar dengan institusi lainnya yang yang ada di Wilayah LLDIKTI XVI. Kerjasama dan kerja keras akan mewujudkan mimpi-mimpi yang indah ini, sebagaimana cita-cita pendiri Alkhairaat jadilah lokomotif, lokomotif perubahan untuk menarik gerbong-gerbong dengan keterbatasan.

Dalam menata akreditasi Baik Sekali, kami sudah melakukan perbaikan dan persiapan dalam menyongsong visitasi pada bulan November 2021. Ditinjau dari keadaan Sumber daya manusia, kami memiliki 11 orang tenaga dosen tetap yayasan dalam lingkup program studi Agroteknologi, 9 orang bergelar doktor sebagai dosen profesional dengan pangkat akademik minimal lektor. Beberapa dosen juga sudah memiliki ID Scopus. Dari segi fasilitas laboratorium dan sarana prasarana lainnya cukup memadai dalam menunjang perkuliahan. Dalam merangsang dosen dalam mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian, kami memiliki Jurnal terakreditasi Sinta 4. Dari beberapa kelebihan yang kami kemukakan di atas, tentunya kami juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya proposal penelitian dan pengabdian yang lolos melalui skema pendanaan Menristek-DIKTI masih sangat minim, karya HAKI dan peran serta mahasiswa dalam memanfaatkan peluang memperoleh pendanaan untuk skema Program Kreativitas Mahasiswa sangat jauh dari harapan. Beberapa kelemahan yang kami kemukakan, menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua karena akan menjadi batu sandungan kemajuan institusi kedepannya bilamana tidak sesegera mengambil inisiatif.

Melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan bahwa salah satu indicator institusi yang sehat ketika seluruh mekanisme berjalan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan, dapat dikatakan mandiri, layak dan siap lepas landas dengan meraih predikat terakreditasi Baik Sekali. Institusi ini bisa maju dan madiri, jika semua pihak yang terkait secara bersama-sama secara penuh dengan hati ikhlas melakukan pembenahan secara kuratif, Fakultas Pertanian bagaikan gula, dikerumuni mahasiswa yang cerdas yang berakhlakulkharima, dilengkapi dengan sumberdaya manusia yang mumpuni, sehingga kita tidak lagi menemukan keadaan yang selaras dengan lagu Nostalgia yang cukup temporer pada tahun 1990 “Engkau datang dan Pergi sesuka hatimu”.

Untuk mewujudkan cita-cita kita semua, memiliki prodi yang terakreditasi baik sekali, kita harus memiliki beberapa program kerja yang inovatif dalam kerangka perbaikan dan peningkatan kualitas dan kemandirian, semua pihak harus terlibat, tidak hanya sekedar ngomong tetapi ikut aktif dalam menyediakan berbagai perangkat. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya dan kita semua tentunya tidak ingin kedua prodi kita memperoleh nilai akreditasi yang sama dengan sebekumnya. Kedepannya kita butuh perbaikan, butuh pengawasan, butuh transparansi dan akuntabilitas, saya percaya ketika kita mengabdi dengan ikhlas, barakah guru tua tetap muncul, sehingga problem demikian bisa tertangani dengan baik. Sebagai penulis dan Dekan saat ini, tak ada problem yang tidak dapat terselesaikan, “INNA MA’AL USRI YUSRO” sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan. Proses pembenahan juga tidak bisa dilakukan secara kumpayakum tetapi perlu persiapan, proses untuk perbaikan sehingga kedepannnya bisa menjadi lokomotif perubahan. Tidak ada yang gampang dalam hidup ini, jalan yang berliku, menanjak. Mari kita semua untuk memiliki mimpi, mimpi yang indah, mimpi yang jauh menjadikan Universitas sebagai Lokomotif perubahan. Sebagaimana dalam Surah Az-Zalzalah ayat 7 “FA MAY YA’MAL MITSQOOLA DZARROTIN KHOIROY YAROH (U)” Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah niscaya ia akan melihatnya. Demikian yang bisa saya sampaikan melalui tulisan ini, kita semua berharap bahwa Faperta kedepannya akan melahirkan manusia-manusia inovatif, kreatif, santun bahasa dan budi pekerti dan tak terlupa memiliki kapabilitas sesuai dengan bidang ilmu yang digelutinya. Wallahulmust’aan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *