Dosen Pertanian, Raih Predikat Terbaik Seminar Pengabdian di Makassar

Para dosen Universitas Alkhairaat (Unisa), tak hentinya menorehkan prestasi gemilang dibidang TRI Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Dua hari lalu, di salah satu hotel di Makassar, tiga dosen yakni Dr.H. Kasman Jaya, Dr.Ahsan Mardjudo dan Dr.Arfan tampil apik memaparkan hasil pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat mono tahun 2018.

Bahkan Dr.H.Kasman Jaya yang merupakan salah satu dosen senior di Fakultas Pertanian terpilih menjadi salah satu peserta terbaik kategori poster terbaik pertama.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Milik Kasman Jaya dan Hasmari Noer yang berjudul “Pemberdayaan Kelompok Petani Kakao Melalui Penerapan Metode SLPHT di Desa Sibalago Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong” mampu meyakinkan pembahas Pakar Prof.Darsono Sigit dari Direktorat Direktur Riset dan Pengabdian Kementerian Ristek Dikti RI dan mengantarkan dosen senior Unisa ini sebagai presenter terbaik
kategori presentasi poster.

Dalam paparannya H.Kasman Jaya menyebutkan bahwa hasil pengabdiannya telah mampu mengatasi beberapa persoalan yang dialami petani.

” Petani telah mampu mengatasi serangan OPT tanaman kakao di desanya bersamaan dengan meningkatnya pemahaman mereka untuk mengetahui tentang rehabilitasi tanaman kakao yang sesuai dengan prinsip-prinsip PHT dan mereka juga sudah memiliki keterampilan dalam memperbanyak jamur trichoderma sp dan memperbanyak semut hitam dilapangan dan pembuatan pupuk organik,” jelasnya.

Dibagian lain, Dr.Arfan mengatakan, tujuan yg hendak di capai dari seminar hasil pengabdian mono tahun ini yakni meningkatkan manfaat hasil-hasil pelaksnaan program pengabdian kepada masyarakat dan karya ilmiah.

Hal senada juga dikemukakan Dr. Ahsan Mardjudo, dia mengatakan, forum itu menjadi wadah untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, perluasaan wawasan, wirausaha serta pembinaan suasana ilmiah bagi para pelaksana program yg berperan serta dalam seminar.

Pakar Kelautan dan Perikanan ini berharap output pelaksnaan seminar hasil ini umpan balik dengan pihak industri dan koperasi sebagai masukan bagi peningkatan relevansi dan mutu program pengabdian kepada masyarakat yg dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

Peserta yang hadir sebanyak 178 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di kawasan Timur Indonesia, Sulawesi, Gorontalo, Maluku dan Papua terbagi dalam 8 kelompok. Dengan pembahas pakar Prof.Darsono Sigit dari Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (Kemenristek Dikti RI) IWANLAKI